Pengaruh Knowledge Sharing dan Self Efficacy Terhadap Kinerja Guru Melalui Perilaku Inovatif sebagai Pemediasi (Studi pada IGTKI Kecamatan Karanganyar)

Lestari, Mayaestri Endar (2025) Pengaruh Knowledge Sharing dan Self Efficacy Terhadap Kinerja Guru Melalui Perilaku Inovatif sebagai Pemediasi (Studi pada IGTKI Kecamatan Karanganyar). Skripsi thesis, Universitas Putra Bangsa.

[thumbnail of Kover] Text (Kover)
Halaman Cover_Maya EL_215504527_Skripsi_2025.pdf

Download (651kB)
[thumbnail of Legalitas] Text (Legalitas)
Lembar Pengesahan_Maya EL_215504527_Skripsi_2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (442kB) | Request a copy
[thumbnail of Abstraksi] Text (Abstraksi)
Abstrak_Maya EL_215504527_Skripsi_2025.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I_Maya EL_215504527_Skripsi_2025.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II_Maya EL_215504527_Skripsi_2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III_Maya EL_215504527_Skripsi_2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV_Maya EL_215504527_Skripsi_2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (494kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V_Maya EL_215504527_Skripsi_2025.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka_Maya EL_215504527_Skripsi_2025.pdf

Download (199kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran_Maya EL_215504527_Skripsi_2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (724kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh knowledge sharing dan self efficacy terhadap kinerja guru dengan perilaku inovatif sebagai variabel mediasi pada anggota IGTKI (Ikatan Guru Taman Kanak Kanak Indonesia) Kecamatan Karanganyar. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penyebaran kuesioner kepada 40 responden. Data dianalisis menggunakan bantuan SPSS versi 25 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku inovatif, self efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, perilaku inovatif berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru serta mampu memediasi hubungan antara self efficacy dengan kinerja guru. Sebaliknya, knowledge sharing tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku inovatif maupun kinerja guru dan tidak mampu dimediasi oleh perilaku inovatif terhadap hubungannya dengan kinerja guru. Hasil uji koefisien determinasi, 57,4% tingkat perilaku inovatif pada guru taman kanak-kanak di IGTKI kecamatan Karanganyar dapat dipengaruhi oleh knowledge sharing dan self efficacy, sedangkan sisanya 42,6% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Adapun tingkat kinerja guru dapat dijelaskan dengan knowledge sharing, self efficacy dan perilaku inovatif sebesar 73,7%, sedangkan sisanya 26,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada di penelitian ini.
Kata Kunci: Knowledge Sharing, Self Efficacy, Perilaku Inovatif, Kinerja Guru

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: S25.377
Uncontrolled Keywords: Knowledge Sharing, Self Efficacy, Perilaku Inovatif, Kinerja Guru
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Mayaestri Endar Lestari
Date Deposited: 01 Oct 2025 06:29
Last Modified: 01 Oct 2025 06:29
URI: http://eprints.universitasputrabangsa.ac.id/id/eprint/7221

Actions (login required)

View Item
View Item