Yusup, Muhamad Yasin (2025) PENGARUH LITERASI KEUANGAN, PERSEPSI KEMUDAHAN, DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN SHOPEEPAY PADA GENERASI Z DI KABUPATEN KEBUMEN. Skripsi thesis, Universitas Putra Bangsa.
KOVER-Muhamad Yasin Yusup-215504533-Skripsi-2025.pdf
Download (83kB)
LEGALITAS-Muhamad Yasin Yusup-215504533-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (180kB) | Request a copy
ABSTRAK-Muhamad Yasin Yusup-215504533-Skripsi-2025.pdf
Download (472kB)
BAB I-Muhamad Yasin Yusup-215504533-Skripsi-2025.pdf
Download (416kB)
BAB II-Muhamad Yasin Yusup-215504533-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (325kB) | Request a copy
BAB III-Muhamad Yasin Yusup-215504533-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (335kB) | Request a copy
BAB IV-Muhamad Yasin Yusup-215504533-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (331kB) | Request a copy
BAB V-Muhamad Yasin Yusup-215504533-Skripsi-2025.pdf
Download (80kB)
DAFTAR PUSTAKA-Muhamad Yasin Yusup-215504533-Skripsi-2025.pdf
Download (207kB)
LAMPIRAN-Muhamad Yasin Yusup-215504533-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (605kB) | Request a copy
Abstract
Pertumbuhan teknologi membawa berbagai inovasi, salah satunya adalah teknologi keuangan yang dikenal dengan Financial Technology (Fintech). Fintech merupakan layanan keuangan digital yang populer dan mengalami perkembangan yang signifikan di Indonesia. Penelitian ini menggunakan Shopeepay sebagai objek penelitian. Penelitian dilatar belakangi oleh dilihat dari segi nilai dan jumlah pengguna, Shopeepay termasuk dalam dompet digital dengan pengguna terbanyak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan, persepsi kemudahan dan gaya hidup terhadap keputusan menggunakan Shopeepay pada generasi Z di kabupaten Kebumen. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah generasi Z di kabupaten Kebumen, dengan sampel penelitian generasi Z yang menggunakan Shopeepay sebanyak 100 responden. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner (angket) dan wawancara. Adapun analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel literasi keuangan, persepsi kemudahan, dan gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menggunakan Shopeepay dengan nilai sig < 0,05 dan nilai t hitung > t tabel 1,984. Sedangkan secara simultan variabel literasi keuangan, persepsi kemudahan dan gaya hidup berpengaruh terhadap keputusan menggunakan Shopeepay sebesar 47,3% sementara sisanya 52,7% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk menambahkan atau menggunakan variabel lain yang belum digunakan dalam
penelitian ini.
Kata Kunci : Literasi Keuangan, Persepsi Kemudahan, Gaya Hidup, Keputusan Menggunakan
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information: | S25.371 |
| Uncontrolled Keywords: | Literasi Keuangan, Persepsi Kemudahan, Gaya Hidup, Keputusan Menggunakan |
| Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management |
| Depositing User: | Muhamad Yasin Yusup |
| Date Deposited: | 27 Sep 2025 03:54 |
| Last Modified: | 27 Sep 2025 03:54 |
| URI: | http://eprints.universitasputrabangsa.ac.id/id/eprint/7187 |
