Nurrochman, Syafri (2024) PENGARUH INFORMASI MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT INVESTASI SAHAM: PERAN EFIKASI KEUANGAN DAN LITERASI KEUANGAN SEBAGAI INTERVENING (Studi pada Followers Instagram Ngertisaham). Skripsi thesis, Universitas Putra Bangsa.
KOVER-Syafri Nurrochman-205504194-Skripsi-2024.pdf
Download (501kB)
LEGALITAS-Syafri Nurrochman-205504194-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (243kB) | Request a copy
ABSTRAK-Syafri Nurrochman-205504194-Skripsi-2024.pdf
Download (733kB)
BAB I-Syafri Nurrochman-205504194-Skripsi-2024.pdf
Download (770kB)
BAB II-Syafri Nurrochman-205504194-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (832kB) | Request a copy
BAB III-Syafri Nurrochman-205504194-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (777kB) | Request a copy
BAB IV-Syafri Nurrochman-205504194-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (923kB) | Request a copy
BAB V-Syafri Nurrochman-205504194-Skripsi-2024.pdf
Download (585kB)
DAFTAR PUSTAKA-Syafri Nurrochman-205504194-Skripsi-2024.pdf
Download (623kB)
LAMPIRAN-Syafri Nurrochman-205504194-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (552kB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini mengeksplorasi dampak informasi media sosial terhadap minat investasi dan mengevaluasi peran mediasi literasi keuangan serta efikasi keuangan. Menggunakan pendekatan kuantitatif dan perangkat lunak SmartPLS 3, penelitian ini menemukan bahwa informasi media sosial secara signifikan dan positif mempengaruhi minat investasi baik secara langsung maupun tidak langsung melalui literasi keuangan. Namun, informasi media sosial tidak mempengaruhi minat investasi secara signifikan melalui efikasi keuangan. Hasil ini menunjukkan bahwa informasi media sosial meningkatkan minat investasi terutama melalui peningkatan literasi keuangan daripada efikasi keuangan. Keterbatasan penelitian ini meliputi kemungkinan ketidakakuratan respons akibat pemahaman responden yang terbatas terhadap kuesioner dan fokus yang sempit pada faktor-faktor yang mempengaruhi minat investasi. Penelitian di masa depan harus mengatasi keterbatasan ini dengan mengeksplorasi variabel tambahan dan meningkatkan akurasi respons untuk memperoleh pemahaman yang lebih komprehensif mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi minat investasi dalam konteks media sosial dan literasi keuangan digital.
Kata Kunci: Informasi media sosial, Literasi keuangan, Efikasi keuangan, dan Minat investasi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | S24.231 |
Uncontrolled Keywords: | Informasi media sosial, Literasi keuangan, Efikasi keuangan, dan Minat investasi |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management |
Depositing User: | Syafri Nurrochman |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 01:58 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 01:58 |
URI: | http://eprints.universitasputrabangsa.ac.id/id/eprint/2196 |