PENGARUH INFORMASI MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT INVESTASI SAHAM: PERAN EFIKASI KEUANGAN DAN LITERASI KEUANGAN SEBAGAI INTERVENING (Studi pada Followers Instagram Ngertisaham)

Nurrochman, Syafri (2024) PENGARUH INFORMASI MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT INVESTASI SAHAM: PERAN EFIKASI KEUANGAN DAN LITERASI KEUANGAN SEBAGAI INTERVENING (Studi pada Followers Instagram Ngertisaham). Skripsi thesis, Universitas Putra Bangsa.

[thumbnail of Kover] Text (Kover)
KOVER-Syafri Nurrochman-205504194-Skripsi-2024.pdf

Download (501kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
LEGALITAS-Syafri Nurrochman-205504194-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB) | Request a copy
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK-Syafri Nurrochman-205504194-Skripsi-2024.pdf

Download (733kB)
[thumbnail of BabI] Text (BabI)
BAB I-Syafri Nurrochman-205504194-Skripsi-2024.pdf

Download (770kB)
[thumbnail of BabII] Text (BabII)
BAB II-Syafri Nurrochman-205504194-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (832kB) | Request a copy
[thumbnail of BabIII] Text (BabIII)
BAB III-Syafri Nurrochman-205504194-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (777kB) | Request a copy
[thumbnail of BabIV] Text (BabIV)
BAB IV-Syafri Nurrochman-205504194-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (923kB) | Request a copy
[thumbnail of BabV] Text (BabV)
BAB V-Syafri Nurrochman-205504194-Skripsi-2024.pdf

Download (585kB)
[thumbnail of DaftarPustaka] Text (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Syafri Nurrochman-205504194-Skripsi-2024.pdf

Download (623kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN-Syafri Nurrochman-205504194-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (552kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi dampak informasi media sosial terhadap minat investasi dan mengevaluasi peran mediasi literasi keuangan serta efikasi keuangan. Menggunakan pendekatan kuantitatif dan perangkat lunak SmartPLS 3, penelitian ini menemukan bahwa informasi media sosial secara signifikan dan positif mempengaruhi minat investasi baik secara langsung maupun tidak langsung melalui literasi keuangan. Namun, informasi media sosial tidak mempengaruhi minat investasi secara signifikan melalui efikasi keuangan. Hasil ini menunjukkan bahwa informasi media sosial meningkatkan minat investasi terutama melalui peningkatan literasi keuangan daripada efikasi keuangan. Keterbatasan penelitian ini meliputi kemungkinan ketidakakuratan respons akibat pemahaman responden yang terbatas terhadap kuesioner dan fokus yang sempit pada faktor-faktor yang mempengaruhi minat investasi. Penelitian di masa depan harus mengatasi keterbatasan ini dengan mengeksplorasi variabel tambahan dan meningkatkan akurasi respons untuk memperoleh pemahaman yang lebih komprehensif mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi minat investasi dalam konteks media sosial dan literasi keuangan digital.

Kata Kunci: Informasi media sosial, Literasi keuangan, Efikasi keuangan, dan Minat investasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: S24.231
Uncontrolled Keywords: Informasi media sosial, Literasi keuangan, Efikasi keuangan, dan Minat investasi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Syafri Nurrochman
Date Deposited: 12 Sep 2024 01:58
Last Modified: 12 Sep 2024 01:58
URI: http://eprints.universitasputrabangsa.ac.id/id/eprint/2196

Actions (login required)

View Item
View Item