Pratama, Fastabiq Furqonul (2025) Implementasi Chatbot FAQ Menggunakan Teknologi Cloud Computing AWS Sebagai Solusi Layanan Informasi Otomatis di Puskesmas Rowokele. Skripsi thesis, Universitas Putra Bangsa.
KOVER-Fastabiq Furqonul Pratama-210202564-Skripsi-2025.pdf
Download (196kB)
LEGALITAS-Fastabiq Furqonul Pratama-210202564-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (500kB) | Request a copy
ABSTRAK-Fastabiq Furqonul Pratama-210202564-Skripsi-2025.pdf
Download (388kB)
BAB I-Fastabiq Furqonul Pratama-210202564-Skripsi-2025.pdf
Download (341kB)
BAB II-Fastabiq Furqonul Pratama-210202564-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (717kB) | Request a copy
BAB III-Fastabiq Furqonul Pratama-210202564-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (457kB) | Request a copy
BAB IV-Fastabiq Furqonul Pratama-210202564-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
BAB V-Fastabiq Furqonul Pratama-210202564-Skripsi-2025.pdf
Download (270kB)
DAFTAR PUSTAKA-Fastabiq Furqonul Pratama-210202564-Skripsi-2025.pdf
Download (337kB)
LAMPIRAN-Fastabiq Furqonul Pratama-210202564-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB) | Request a copy
Abstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah membawa perubahan signifikan dalam penyediaan layanan informasi publik, termasuk di sektor kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan chatbot Frequently Asked Questions (FAQ) berbasis teknologi cloud computing Amazon Web Services (AWS) sebagai solusi layanan informasi otomatis di Puskesmas Rowokele. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model Plomp, yang mencakup tahapan investigasi awal, desain, realisasi/konstruksi, tes dan evaluasi, serta implementasi. Pada tahap pengembangan, chatbot dibangun menggunakan layanan Amazon Lex untuk memproses percakapan berbasis Natural Language Processing (NLP). Integrasi chatbot ke website dilakukan melalui platform Kommunicate yang memudahkan pengguna dalam berinteraksi secara real-time. Website chatbot dihosting pada server EC2 dengan konfigurasi domain melalui Route 53 dan pengamanan sertifikat SSL dari AWS Certificate Manager. Hasil pengujian alpha testing oleh 10 responden internal menunjukkan semua fungsi berjalan sesuai harapan. Sementara itu, beta testing yang melibatkan 29 responden pengguna layanan memperoleh persentase tingkat kepuasan sebesar 96%, yang termasuk kategori “sangat baik”. Penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi chatbot FAQ berbasis AWS dapat meningkatkan ketersediaan dan kecepatan akses informasi di Puskesmas Rowokele. Chatbot yang dikembangkan mampu menjawab pertanyaan umum secara otomatis, membantu masyarakat mendapatkan informasi layanan secara lebih cepat dan efisien, serta mengurangi beban kerja petugas.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information: | S25.213 |
| Uncontrolled Keywords: | Chatbot FAQ, Cloud Computing, Amazon Web Services, Puskesmas, Layanan Informasi Otomatis. |
| Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
| Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science |
| Depositing User: | Fastabiq Furqonul Pratama |
| Date Deposited: | 23 Sep 2025 06:30 |
| Last Modified: | 23 Sep 2025 06:30 |
| URI: | http://eprints.universitasputrabangsa.ac.id/id/eprint/7131 |
