Nurjanah, Intan (2025) Pengaruh Kompetensi Profesional dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Guru Smk Bina Karya 1 Karanganyar Melalui Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening. Skripsi thesis, Universitas Putra Bangsa.
![[thumbnail of Kover]](http://eprints.universitasputrabangsa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
KOVER-Intan Nurjanah-215504501-Skripsi-2025.pdf
Download (118kB)
![[thumbnail of Legalitas]](http://eprints.universitasputrabangsa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LEGALITAS-Intan Nurjanah-215504501-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (338kB) | Request a copy
![[thumbnail of Abstrak]](http://eprints.universitasputrabangsa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK-Intan Nurjanah-215504501-Skripsi-2025.pdf
Download (213kB)
![[thumbnail of BabI]](http://eprints.universitasputrabangsa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I-Intan Nurjanah-215504501-Skripsi-2025.pdf
Download (138kB)
![[thumbnail of BabII]](http://eprints.universitasputrabangsa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II-Intan Nurjanah-215504501-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (238kB) | Request a copy
![[thumbnail of BabIII]](http://eprints.universitasputrabangsa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III-Intan Nurjanah-215504501-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (241kB) | Request a copy
![[thumbnail of BabIV]](http://eprints.universitasputrabangsa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV-Intan Nurjanah-215504501-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (461kB) | Request a copy
![[thumbnail of BabV]](http://eprints.universitasputrabangsa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V-Intan Nurjanah-215504501-Skripsi-2025.pdf
Download (57kB)
![[thumbnail of DaftarPustaka]](http://eprints.universitasputrabangsa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA-Intan Nurjanah-215504501-Skripsi-2025.pdf
Download (174kB)
![[thumbnail of Lampiran]](http://eprints.universitasputrabangsa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN-Intan Nurjanah-215504501-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompetensi profesional dan kecerdasan emosional terhadap kinerja guru dengan kepuasan kerja sebagai variabel intervening pada SMK Bina Karya 1 Karanganyar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif asosiatif. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 41 guru sebagai responden. Teknik analisis yang digunakan meliputi analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, uji koefisien determinasi, serta uji mediasi menggunakan bantuan program SPSS 23 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi profesional berpengaruh terhadap kepuasan kerja, kecerdasan emosional berpengaruh terhadap kepuasan kerja, kompetensi profesional berpengaruh terhadap kinerja guru, kecerdasan emosional berpengaruh terhadap kinerja guru. Selain itu, kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru, kompetensi profesional berpengaruh secara tidak langsung melalui kepuasan kerja terhadap kinerja guru, dan kecerdasan emosional tidak berpengaruh secara tidak langsung melalui kepuasan kerja terhadap kinerja guru. Temuan ini menunjukkan bahwa peningkatan kinerja guru di sekolah tidak hanya ditentukan oleh kompetensi dan kecerdasan emosional semata, tetapi juga dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang perlu ditelusuri lebih lanjut.
Kata kunci: kompetensi profesional, kecerdasan emosional, kepuasan kerja, kinerja guru.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | S25.322 |
Uncontrolled Keywords: | kompetensi profesional, kecerdasan emosional, kepuasan kerja, kinerja guru |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management |
Depositing User: | Intan Nurjanah |
Date Deposited: | 19 Sep 2025 00:38 |
Last Modified: | 19 Sep 2025 00:38 |
URI: | http://eprints.universitasputrabangsa.ac.id/id/eprint/7089 |