PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN (Survei Pada Pelanggan Banana Bread & Cakes di Kabupaten Kebumen)

Fitriana, Nugraheni (2025) PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN (Survei Pada Pelanggan Banana Bread & Cakes di Kabupaten Kebumen). Skripsi thesis, Universitas Putra Bangsa.

[thumbnail of Kover] Text (Kover)
KOVER-Nugraheni Fitriana-Skripsi-2025.docx

Download (158kB)
[thumbnail of Legalitas] Text (Legalitas)
LEGALITAS-Nugraheni Fitriana-210100194-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB) | Request a copy
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK-Nugraheni Fitriana-210100194-Skripsi-2025.pdf

Download (255kB)
[thumbnail of BabI] Text (BabI)
BAB I-Nugraheni Fitriana-210100194-Skripsi-2025.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of BabII] Text (BabII)
BAB II-Nugraheni Fitriana-210100194-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III-Nugraheni Fitriana-210100194-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB) | Request a copy
[thumbnail of BabIV] Text (BabIV)
BAB IV-Nugraheni Fitriana-210100194-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (459kB) | Request a copy
[thumbnail of BabV] Text (BabV)
BAB V-Nugraheni Fitriana-210100194-Skripsi-2025.pdf

Download (79kB)
[thumbnail of DaftarPustaka] Text (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Nugraheni Fitriana-210100194-Skripsi-2025.pdf

Download (173kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN-Nugraheni Fitriana-210100194-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (702kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Customer Relationship Management (CRM) terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan pada Banana Bread & Cakes di Kabupaten Kebumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) melalui software SmartPLS 4.0. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden yang dipilih secara purposive. Hasil analisis menunjukkan bahwa CRM berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, namun tidak berpengaruh secara langsung terhadap loyalitas pelanggan. Sebaliknya, kepuasan pelanggan terbukti memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Implikasi dari penelitian ini adalah memberikan masukan praktis bagi pelaku bisnis, khususnya UMKM di sektor makanan dan minuman, dalam merancang strategi manajemen hubungan pelanggan yang berfokus pada peningkatan kepuasan untuk mendorong loyalitas. Secara teoritis, penelitian ini turut memperkuat model konseptual tentang pentingnya kepuasan sebagai penghubung dalam pembentukan loyalitas pelanggan di era digital.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: S25.337
Uncontrolled Keywords: Customer Relationship Management, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Nugraheni Fitriana
Date Deposited: 18 Sep 2025 01:39
Last Modified: 18 Sep 2025 01:39
URI: http://eprints.universitasputrabangsa.ac.id/id/eprint/7039

Actions (login required)

View Item
View Item