Kurniyadi, Arif (2025) Analisis Kualitas Website Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Webqual 4.0 (Studi Kasus: Website Desa Logede). Skripsi thesis, Universitas Putra Bangsa.
![[thumbnail of Kover]](http://eprints.universitasputrabangsa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
KOVER-Arif Kurniyadi-20202558-Skripsi-2025.pdf
Download (307kB)
![[thumbnail of Legalitas]](http://eprints.universitasputrabangsa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LEGALITAS-Arif Kurniyadi-20202558-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (697kB) | Request a copy
![[thumbnail of Abstrak]](http://eprints.universitasputrabangsa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK-Arif Kurniyadi-20202558-Skripsi-2025.pdf
Download (601kB)
![[thumbnail of BabI]](http://eprints.universitasputrabangsa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I-Arif Kurniyadi-20202558-Skripsi-2025.pdf
Download (359kB)
![[thumbnail of BabII]](http://eprints.universitasputrabangsa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II-Arif Kurniyadi-20202558-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (410kB) | Request a copy
![[thumbnail of BabIII]](http://eprints.universitasputrabangsa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III-Arif Kurniyadi-20202558-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (506kB) | Request a copy
![[thumbnail of BabIV]](http://eprints.universitasputrabangsa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV-Arif Kurniyadi-20202558-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (691kB) | Request a copy
![[thumbnail of BabV]](http://eprints.universitasputrabangsa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V-Arif Kurniyadi-20202558-Skripsi-2025.pdf
Download (313kB)
![[thumbnail of DaftarPustaka]](http://eprints.universitasputrabangsa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA-Arif Kurniyadi-20202558-Skripsi-2025.pdf
Download (278kB)
![[thumbnail of Lampiran]](http://eprints.universitasputrabangsa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN-Arif Kurniyadi-20202558-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Perkembangan teknologi informasi telah mendorong pemerintah desa untuk menerapkan layanan berbasis digital guna meningkatkan transparansi, efisiensi, dan kualitas pelayanan publik. Website Desa Logede merupakan bentuk implementasi e-government tingkat desa, namun sejauh ini belum dilakukan evaluasi secara komprehensif terhadap kualitasnya berdasarkan pengalaman pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas Website Desa Logede berdasarkan tiga dimensi Webqual 4.0 yaitu usability, information quality, dan service interaction quality, serta mengukur pengaruhnya terhadap kepuasan pengguna. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Data primer dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden yang telah mengakses website Desa Logede, dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian dikembangkan berdasarkan indikator Webqual 4.0 dan indikator kepuasan pengguna. Analisis data dilakukan dengan bantuan perangkat lunak SPSS 25, menggunakan analisis deskriptif, uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, serta regresi linier berganda untuk menguji pengaruh antar variabel. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai tertinggi terdapat pada variabel Usability dengan rata-rata skor 4,06, sedangkan nilai terendah berada pada variabel Service interaction quality dengan skor 3,65. Variabel Information quality memperoleh skor rata-rata sebesar 3,91. Ketiga variabel berada pada kategori “baik”. Hasil uji regresi linear berganda menunjukkan bahwa ketiga variabel tersebut baik secara parsial maupun simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna dan nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,362 atau 36,2%. Dapat disimpulkan bahwa pengguna Website Desa Logede merasa cukup puas terhadap kualitas layanan digital yang diberikan, namun masih diperlukan peningkatan khususnya pada aspek interaksi layanan untuk mendukung pelayanan publik desa yang lebih optimal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | S25.231 |
Uncontrolled Keywords: | Website Desa, Webqual 4.0, Usability, Information quality, Service interaction quality, Kepuasan Pengguna |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science |
Depositing User: | ARIF KURNIYADI |
Date Deposited: | 11 Sep 2025 08:02 |
Last Modified: | 11 Sep 2025 08:02 |
URI: | http://eprints.universitasputrabangsa.ac.id/id/eprint/6726 |