PENGARUH HEALTH CONSCIOUSNESS, PRODUCT KNOWLEDGE DAN BRAND TRUST TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

Komar, Khoerul (2022) PENGARUH HEALTH CONSCIOUSNESS, PRODUCT KNOWLEDGE DAN BRAND TRUST TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Skripsi thesis, Universitas Putra Bangsa.

[thumbnail of Artikel_Khoerul Komar _185503288.pdf] Text
Artikel_Khoerul Komar _185503288.pdf - Accepted Version

Download (799kB)
[thumbnail of Skripsi_Khoerul Komar_185503288.pdf] Text
Skripsi_Khoerul Komar_185503288.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Saat ini, Indonesia sedang mengalami masa pancaroba dimana terjadi peralihan antara musim kemarau ke musim penghujan. Pada saat pancaroba, cuaca yang tidak menentu menyebabkan daya tahan tubuh menurun sehingga tubuh mudah terserang penyakit seperti tidak enang badan (meriang), demam, flu, pilek, batuk dan lainlain. Salah satu cara yang dipercaya masyarakat untuk menjaga daya tahan tubuh ialah mengkonsumsi produk herbal. Salah satu merek produk herbal yang dipercaya mampu mengatasi gejala tidak enak badan (meriang) adalah Tolak Angin. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk meneliti variabel yang diduga menjadi penyebab keputusan pembelian Tolak Angin di Kabupaten Kebumen. Beberapa variabel yang diduga menjadi penyebab keputusan pembelian Tolak Angin yaitu health consciousness, product knowledge dan brand trust. Pada penelitian ini, pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan mengambil sampel sebanyak 100 responden yang pernah membeli dan mengkonsumsi Tolak Angin di Kabupaten Kebumen. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner melalui google form dengan butir-butir pertanyaan maupun pernyataan disusun berdasarkan skala likert. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda dengan bantuan aplikasi SPSS 25 for windows. Berdasarkan hasil Uji Parsial (uji t), variabel health consciousness, product knowledge dan brand trust berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil Uji Simultan (uji f) menunjukan bahwa variabel health consciousness, product knowledge dan brand trust berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian. Hasil pengujian koefisien determinasi menunjukan bahwa nilai Adjusted R Square sebesar 0,497 atau 49%. Artinya, variabel keputusan pembelian dapat dipengaruhi oleh health consciousness, product knowledge dan brand trust sebesar 49%, sedangkan sisanya yaitu 51% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model.
Kata Kunci: Keputusan Pembelian, Health Consciousness, Product Knowledge Brand Trust

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: User User
Date Deposited: 30 Sep 2023 07:52
Last Modified: 13 Jul 2024 03:59
URI: http://eprints.universitasputrabangsa.ac.id/id/eprint/989

Actions (login required)

View Item
View Item