Pengaruh Gaya Hidup Kelompok Acuan Kebutuhan Mencari Variasi Harga Terhadap Perpindahan Merek Smarthphone Samsung dan Berpindah ke Merek lain (Studi Pada Mahasiswa STIE Putra Bangsa Kebumen)

Mustofa, Azhar (2018) Pengaruh Gaya Hidup Kelompok Acuan Kebutuhan Mencari Variasi Harga Terhadap Perpindahan Merek Smarthphone Samsung dan Berpindah ke Merek lain (Studi Pada Mahasiswa STIE Putra Bangsa Kebumen). Skripsi thesis, Universitas Putra Bangsa.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
SKRIPSI FULL AZHAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Artikel] Text (Artikel)
JURNAL AZHAR.pdf

Download (186kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gaya hidup, kelompok acuan, kebutuhan mencari variasi, dan harga terhadap perpindahan merek smartphone Samsung dan berpindah ke smartphone merek lain. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah a) gaya hidup berpengaruh terhadap perpindahan merek smartphone Samsung ke merek lain, b) kelompok acuan berpengaruh terhadap perpindahan merek smartphone Samsung ke merek lain, c) kebutuhan mencari variasi berpengaruh terhadap perpindahan merek smartphone Samsung ke merek lain, d) harga berpengaruh terhadap perpindahan merek smartphone Samsung ke merek lain. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan tehnik non-probability sampling dengan menggunakan metode purposive sampling. Data primer dikumpulkan menggunakan kuesioner. Sampel penelitian ini sebanyak 100 Mahasiswa Stie Putra Bangsa. Analisis yang digunakan adalah Path Analysis dengan menggunakan software SPSS 22.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa a) gaya hidup berpengaruh signifikan terhadap perpindahan merek smartphone Samsung ke merek lain, b) kelompok acuan tidak berpengaruh terhadap perpindahan merek smartphone Samsung ke merek lain, c) kebutuhan mencari variasi berpengaruh signifikan terhadap perpindahan merek smartphone Samsung ke merek lain d) harga berpengaruh signifikan terhadap perpindahan merek smartphone Samsung ke merek lain. Hasil dari analisis koefesien determinasi menunjukan bahwa nilai Adjusted R 2 sebesar 0,662 artinya 66,2% variabel perpindahan merek dapat dijelaskan oleh variabel gaya hidup, kelompok acuan, kebutuhan mencari variasi dan harga, sedangkan sisanya sebesar (100% - 66,2%) atau 33,8% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak ada dalam model penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: S18.128
Uncontrolled Keywords: Gaya Hidup, Kelompok Acuan, Kebutuhan Mencari Variasi, dan Harga, Perpindahan Merek, dan Regresi Linier Berganda.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Perpus UPB
Date Deposited: 09 Dec 2025 10:58
Last Modified: 09 Dec 2025 10:58
URI: http://eprints.universitasputrabangsa.ac.id/id/eprint/8255

Actions (login required)

View Item
View Item