Analisis Pengaruh Citra Perusahaan, Fasilitas dan Word of Mouth terhadap Keputusan Memilih PPTKIS PT Sarimadu Jayanusa Kebumen

Lestari, Bakhtiar Indah (2018) Analisis Pengaruh Citra Perusahaan, Fasilitas dan Word of Mouth terhadap Keputusan Memilih PPTKIS PT Sarimadu Jayanusa Kebumen. Skripsi thesis, Universitas Putra Bangsa.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
Skripsi_Bakhtiar Indah Lestari_145501647_PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of Artikel] Text (Artikel)
Jurnal_PDF.pdf

Download (487kB)

Abstract

Sulitnya mencari pekerjaan di negara Indonesia membuat masyarakat mencari pekerjaan di luar negeri. Salah satu cara dilakukan mereka adalah berangakt melalui jasa PPTKIS. PPTKIS merupakan Perusahaan Pelaksana dan Penempatan TKI yang sering menjadi sorotan pemerintah karena banyak fenomena yang menimpa Tenaga Kerja Indonesia (TKI) seperti kasus penganiayaan, pelecehan, upah tidak dibayarkan sampai pada kasus pembunuhan yang disebabkan PPTKIS melakukan p enempatan secara ilegal. Oleh karena itu calon TKI harus selektif dalam memilih PPTKIS. Ada sembilan PPTKIS resmi terdaftar di Dinas Tenaga Kerja dan UMKM Kebumen, tetapi PT Sarimadu Jayanusa Kebumen memiliki jumlah TKI terbanyak yang berhasil ditempatkan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra perusahaan, fasilitas dan word of mouth terhadap keputusan memilih PPTKIS PT Sarimadu Jayanusa Kebumen. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dan penyebaran kuesioner dan data sekunder yang diperoleh dari PT Sarimadu Jayanusa Kebumen. Responden dalam penelitian ini adalah calon TKI yang sudah berada di asrama penampungan. Adapun jumlah responden di tentukan menggunakan rumus slovin yaitu 155 orang. Alat analisis data menggunakan bantuan program aplikasi komputer SPSS 18. Analisis dalam penelitian ini meliputi uji instrumen, validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda serta uji hipotesis.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa variabel fasilitas dan word of mouth memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial, sedangkan variabel citra perusahaan tidak memilih pengaruh. Namun secara bersama variabel citra perusahaan, fasilitas dan word of mouth memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan memilih PPTKIS PT Sarimadu Jayanusa Kebumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: S18.095
Uncontrolled Keywords: Citra Perusahaan, Fasilitas, Word Of Mouth dan Keputusan Memilih
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Perpus UPB
Date Deposited: 03 Dec 2025 07:42
Last Modified: 03 Dec 2025 07:42
URI: http://eprints.universitasputrabangsa.ac.id/id/eprint/8204

Actions (login required)

View Item
View Item