Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Dan Switching Barrier Terhadap Retensi Pelanggan Pada PT Bina Artha Venture Cabang Kebumen

Budiati, Wiji (2018) Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Dan Switching Barrier Terhadap Retensi Pelanggan Pada PT Bina Artha Venture Cabang Kebumen. Skripsi thesis, Universitas Putra Bangsa.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
SKRIPSI FULL Budiati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Artikel] Text (Artikel)
Jurnal Wiji Budiati.pdf

Download (750kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, kepercayaan dan switching barrier terhadap retensi pelanggan di PT Bina Artha Ventura Cabang Kebumen. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan alat pengumpulan data berupa skala pengukuran, kuesioner, dan daftar pertanyaan. Dalam pengambilan sempel menggunakan nonprobability sampling yaitu menggunakan sistem slovin. Adapun yang menjadi populasi 100 orang yang pernah melakukan pinjaman modal usaha selama 2 kali putaran. Hasil penelitian variabel kualitas pelayanan menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas pelayanan terhadap retensi pelanggan pada PT Bina Artha Ventura. Hasil penelitian variabel kepercayaan menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara kepercayaan terhadap retensi pelangan pada PT Bina Artha Ventura. Hasil tersebut menunjukkan bahwa apabila kepercayaan kredit berkurang retensi pelanggan tetap bertahan. Hasil penelitian variabel switching barrier menunjukkan bahwa ada pengaruhyang positif dan signifikan antara switching barrier terhadap retensi pelanggan pada PT Bina Artha Ventura. Variabel switching barrier memberikan pengaruh sebesar 29,3 %. Hasil tersebut menunjukkan bahwa switching barrier dibangun dengan baik secara terus-menerus maka akan semakin meningkatkan retensi pelanggan pada PT BinaArtha Ventura.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: S18.086
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, kepercayaan, Switching Barier, Retensi Pelanggan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Perpus UPB
Date Deposited: 03 Dec 2025 01:58
Last Modified: 03 Dec 2025 01:58
URI: http://eprints.universitasputrabangsa.ac.id/id/eprint/8192

Actions (login required)

View Item
View Item