Kurniawati, Ririn Dwi (2018) Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-WOM) dan Kualitas Produk terhadap Persepsi Merek dan Keputusan Pembelian Konsumen Shampo Dove di Kecamatan Kebumen. Skripsi thesis, Universitas Putra Bangsa.
Skripsi Ririn Dwi Kurniawati 1.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Jurnal Ririn Dwi Kurniawati.pdf
Download (401kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis bagaimana pengaruh dari electronic word of mouth, kualitas produk terhadap keputusan pembelian melalui persepsi merek pada konsumen produk shampo Dove. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Dengan menggunkan metode purposive sampling, penelitian ini mengambil sampel 100 responden pada masyarakat di Kecamatan Kebumen. Hipotesis diuji menggunakan teknik analisis jalur dengan bantuan program SPSS 23.00 for windows. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa berdasarkan uji validitas semua pernyataan yang digunakan dalam variabel electronic word of mouth, kualitas produk, persepsi merek dan keputusan pembelian dinyatakan valid. Berdasarkan hasil uji reliabilitas, semua variabel dinyatakan reliabel. Berdasarkan hasil uji t, variabel electronic word of mouth berpengaruh secara signifikan terhadap persepsi merek. Kualitas produk berpengaruh secara signifikan terhadap persepsi merek. Electronic word of mouth berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Kualitas produk berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Persepsi merek berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil pengujian koefisien determinasi menunjukan bahwa nilai Adjusted R 2 struktur 1 sebesar 0,726 artinya 76% variabel persepsi merek dapat dijelaskan oleh variabel electronic word of mouth dan kualitas produk sedangkan sisanya 27,4% dapat dijelaskan oleh variabel lain. Nilai Adjusted R 2 struktur 2 sebesar 0,770 artinya 77% variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel electronic word of mouth, kualitas produk dan persepsi merek sedangkan sisanya 23% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak ada dalam model penelitian ini.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information: | S18.076 |
| Uncontrolled Keywords: | Electronic Word of Mouth (E-WOM), Kualitas Produk, Persepsi Merek, Keputusaan Pembelian |
| Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management |
| Depositing User: | Perpustakaan Universitas Putra Bangsa |
| Date Deposited: | 02 Dec 2025 09:47 |
| Last Modified: | 02 Dec 2025 09:47 |
| URI: | http://eprints.universitasputrabangsa.ac.id/id/eprint/8178 |
