Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Merek Melalui Kepercayaan Merek pada Minyak Kayu Putih Cap Lang (Studi pada Ibu-Ibu Kecamatan Gombong)

Utami, Citra (2018) Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Merek Melalui Kepercayaan Merek pada Minyak Kayu Putih Cap Lang (Studi pada Ibu-Ibu Kecamatan Gombong). Skripsi thesis, Universitas Putra Bangsa.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
CITRA UTAMI (145501650).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Artikel] Text (Artikel)
JURNAL Citra Utami.pdf

Download (446kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap loyalitas merek melalui kepercayaan merek pada minyak kayu putih Cap Lang di Kecamatan Gombong.. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu sampling purposive. Metode pengumpulan data dengan kuesioner. Sikap responden diukur dengan skala likert 4 dan data diolah dengan alat bantu SPSS for windows versi 22.0. Metode penelitian menggunakan analisis deskriptif dan statistik (path analysis).
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan kualitas produk terhadap kepercayaan merek. Tidak terdapat pengaruh signifikan kualitas produk terhadap loyalitas merek. Terdapat pengaruh signifikan citra merek terhadap kepercayaan merek. Tidak terdapat pengaruh signifikan citra merek terhadap loyalitas merek. Terdapat pengaruh signifikan secara parsial kepercayaan merek terhadap loyalitas merek. Terdapat pengaruh signifikan secara mediasi yaitu full mediation, kualitas produk terhadap loyalitas merek melalui kepercayaan merek. Terjadi pengaruh mediasi variabel kepercayaan merek pada hubungan antaracitra merek dan loyalitas merek
Nilai Adjusted R Square persamaan substruktural I sebesar 0,444 artinya 44.4% variabel kepercayaan merek dapat dijelaskan oleh kualitasl produk dan citra merek sedangkan sebesar 55,6% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak ada dalam model penelitian ini. Sementara nilai Adjusted R Square substruktural II sebesar 0.453 artinya 45,3% variabel loyalitas merek dapat dijelaskan oleh variabel kualitas produk, citra merek, dan kepercayaan merek sedangkan sebesar 54.7% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak ada dalam model penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: S18.058
Uncontrolled Keywords: kualitas produk, citra merek, kepercayaan merek, dan loyalitas merek
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Perpus UPB
Date Deposited: 01 Dec 2025 07:50
Last Modified: 01 Dec 2025 07:50
URI: http://eprints.universitasputrabangsa.ac.id/id/eprint/8156

Actions (login required)

View Item
View Item