Analisis Pengaruh Atribut Produk Dan Variety Seeking Terhadap Kepuasan Serta Dampaknya Pada Brand Switching (Studi Pada Sabun Merek Dove Ke Merek Shinzu'i di Kabupaten Kebumen)

Rofiqoh, Eni (2018) Analisis Pengaruh Atribut Produk Dan Variety Seeking Terhadap Kepuasan Serta Dampaknya Pada Brand Switching (Studi Pada Sabun Merek Dove Ke Merek Shinzu'i di Kabupaten Kebumen). Skripsi thesis, Universitas Putra Bangsa.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
SKRIPSI ENI (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of Artikel] Text (Artikel)
Jurnal - Eni Rofiqoh (145501678)-1 (1).pdf

Download (511kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh atribut produk dan variety seeking terhadap kepuasan serta dampaknya pada brand switching pada sabun mandi merek Dove ke merek Shinzu’i di Kabupaten Kebumen. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu sampling purposive. Metode pengumpulan data dengan kuesioner. Sikap responden diukur dengan skala likert 4 dan data diolah dengan alat bantu SPSS for windows versi 22.0. Metode penelitian menggunakan analisis deskriptif dan statistik (path analysis). Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan secara parsial atribut produk terhadap kepuasan. Tidak terdapat pengaruh signifikan secara parsial variety seeking terhadap kepuasan. Tidak terdapat pengaruh signifikan secara parsial atribut produk terhadap brand switching. Terdapat pengaruh signifikan secara parsial variety seeking dan kepuasan terhadap brand switching. Terdapat pengaruh signifikan secara mediasi yaitu full mediation, atribut produk terhadap brand switching melalui kepuasan. Tidak terdapat pengaruh signifikan secara mediasi yaitu part mediation, variety seeking terhadap brand switching melalui kepuasan. Nilai Adjusted R Square persamaan substruktural I sebesar 0,477 artinya 47,7% variabel kepuasan dapat dijelaskan oleh variabel atribut produk dan variety seeking sedangkan sebesar 52,3% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak ada dalam model penelitian ini. Sementara nilai Adjusted R Square substruktural II sebesar 0,357 artinya 35,7% variabel brand switching dapat dijelaskan oleh variabel atribut produk, variety seeking dan kepuasan sedangkan sebesar 64,3% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak ada dalam model penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: S18.009
Uncontrolled Keywords: Atribut produk, variety seeking, kepuasan, brand switching.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Perpus UPB
Date Deposited: 26 Nov 2025 07:35
Last Modified: 26 Nov 2025 07:35
URI: http://eprints.universitasputrabangsa.ac.id/id/eprint/8077

Actions (login required)

View Item
View Item