Khukmana, Andika Hadi (2020) PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) TERHADAP CUSTOMER RETENTION DENGAN CUSTOMER SATISFACTION SEBAGAI INTERVENING (Studi Pada Pelanggan Puspita Warna Kebumen). Other thesis, Universitas Putra Bangsa.
andika (165502691), Jurnal PDF.pdf - Published Version
Download (315kB)
Andika (165502691), skripsi.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh customer relationship management (CRM) terhadap customer retention dengan customer satisfaction sebagai intervening pada pelanggan Puspita Warna Kebumen. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner dengan skala Likert 4. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan pengguna jasa percetakan di Puspita Warna Kebumen. Sampel penelitian sebanyak 100 responden dengan metode purposive sampling. Berdasarkan metode statistika dilakukan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik (uji multikolonieritas, uji heteroskedastisitas, dan uji normalitas), uji parsial, uji koefisien determinasi, analisis korelasi, dan analisis jalur dengan bantuan program SPSS for windows versi 23.0. Hasil dari penelitian ini yaitu komitmen dan kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap customer satisfaction, sedangkan komunikasi tidak berpengaruh signifikan terhadap customer stisfaction. Selanjutnya customer stisfaction, komitmen, dan kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap customer retention. Sedangkan komunikasi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap customer retention.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management |
Depositing User: | User User |
Date Deposited: | 22 Nov 2021 04:01 |
Last Modified: | 08 Jan 2024 08:15 |
URI: | http://eprints.universitasputrabangsa.ac.id/id/eprint/647 |