Analisis Biaya Pemasaran Berdasarkan Produk dan Pengaruhnya Terhadap Laba pada UMKM Hury Aksesoris Jenitri

Afriyani, Retno Ayu (2018) Analisis Biaya Pemasaran Berdasarkan Produk dan Pengaruhnya Terhadap Laba pada UMKM Hury Aksesoris Jenitri. Diploma thesis, Universitas Putra Bangsa.

[thumbnail of LTA] Text (LTA)
ANALISIS BIAYA PEMASARAN BERDASARKAN PRODUK DAN PENGARUHNYA TERHADAP LABA PADA UMKM HURY AKSESORIS JENITRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Jurnal] Text (Jurnal)
JURNAL LTA_RETNO AYU AFRIYANI_153300542.pdf

Download (711kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui biaya pemasaran, alokasi
biaya pemasaran, dan perolehan laba/rugi pada tasbih, kalung, dan gelang di
UMKM “Hury Aksesoris Jenitri” tahun 2014. Jenis penelitian yang digunakan
yaitu deskriptif kuantitatif. Penghitungan alokasi biaya bersama (joint cost) untuk
kegiatan pemasaran menggunakan metode nilai harga jual relatif. Dari hasil
perhitungan dalam penelitian ini diketahui produk yang memiliki biaya pemasaran
tertinggi adalah produk tasbih sebesar Rp 1.973.684,00 (46%), gelang sebesar Rp
1.861.589,00 (34%), dan kalung sebesar Rp 1.591.463,00 (20%); sedangkan laba
yang tertinggi diperoleh dari penjualan tasbih sebesar Rp 4.183.577,00 (48%),
laba penjualan gelang Rp 4.167.485,00 (37%), dan laba penjualan kalung sebesar
Rp 3.428.152,00 (15%). Hal ini berarti bahwa produk tasbih memberikan
kontribusi tertinggi terhadap total laba usaha yang diperoleh perusahaan selama
penjualan tahun 2014.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: T18.029
Uncontrolled Keywords: biaya pemasaran, laba.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Perpus UPB
Date Deposited: 07 Oct 2025 04:25
Last Modified: 07 Oct 2025 04:25
URI: http://eprints.universitasputrabangsa.ac.id/id/eprint/6361

Actions (login required)

View Item
View Item