ANALISIS KEUNGGULAN BERSAING DI OBJEK WISATA JEMBANGAN WISATA ALAM PONCOWARNO KEBUMEN

Ridwan, Rido (2020) ANALISIS KEUNGGULAN BERSAING DI OBJEK WISATA JEMBANGAN WISATA ALAM PONCOWARNO KEBUMEN. Other thesis, Universitas Putra Bangsa.

[thumbnail of Jurnal Jadi.pdf] Text
Jurnal Jadi.pdf - Published Version

Download (705kB)
[thumbnail of Skripsi top oke.pdf] Text
Skripsi top oke.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Objek Wisata Jembangan Wisata Alam terletak di Kecamatan Poncowarno Kabupaten Kebumen dengan menawarkan atraksi wisata alam yang indah dan menarik. Perkembangan usaha wisata menuntut pengelola objek wisata untuk mengembangkan dan memasarkan produk wisata dengan segala potensinya agar berbeda dari para pesaingnya untuk menambah daya tarik wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis trategi yang tepat untuk dijalankan oleh Objek
Wisata Jembangan Wisata Alam dalam upaya mempertahankan dan meningkatkan posisi pasar.
Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Accidental Sampling dan menghasilkan sampel sebanyak 50 sampel penelitian, didalam penelitian ini menggunakan dua tahap analisis yang pertama tahap masukan yang berupa matriks IFE (Internal Factor Evaluation) dan EFE (Eksternal Factor Evaluation) dan yang kedua menggunakan matriks analisis SWOT dan IE (Internal Eksternal). Hasil Penlitian ini menunjukan bahwa objek wisata jembangan berada pada kuadran I yang berarti “Growth” dan “Build” artinya tumbuh dan membangun, dengan total IFE 4,9 dan total EFE 2,76 dan akhir dari penelitian ini dirumuskan 4 strategi melalui analisis SWOT yang dapat dijadikan sebagai acuan dasar strategi untuk pengembangan wisata, dari analisis SWOT tersebut strategi yang paling dominan adalah SO (Strength-Opportunities) yaitu strategi yang memanfaatkan seluruh kekuatan untuk membuat dan memanfaatkan peluang sebesar-besarnya: (1) Mengembangkan potensi keindahan wisata untuk kegiatan ekoeduwisata dengan konsep back to nature. (2) Memaksimalkan Fasilitas wisata dibarengi dengan penggunaan media sosial baik online maupun cetak untuk sarana promosi wisata. (3) Mengoptimalkan potensi daya tarik wisata untuk kegiatan pendidikan serta meningkatkan peran masyarakat lokal dalam pengelolaan kawasan wisata.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: User User
Date Deposited: 16 Nov 2021 05:37
Last Modified: 15 Mar 2024 07:06
URI: http://eprints.universitasputrabangsa.ac.id/id/eprint/630

Actions (login required)

View Item
View Item