PENGARUH DAYA TARIK WISATA DAN CITRA DESTINASI TERHADAP MINAT BERKUNJUNG ULANG MELALUI KEPUASAN PENGUNJUNG SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Pengunjung Obyek Wisata Pantai Logending)

Abdurrohman, Fais (2019) PENGARUH DAYA TARIK WISATA DAN CITRA DESTINASI TERHADAP MINAT BERKUNJUNG ULANG MELALUI KEPUASAN PENGUNJUNG SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Pengunjung Obyek Wisata Pantai Logending). Other thesis, Universitas Putra Bangsa.

[thumbnail of 155502057 ref.pdf] Text
155502057 ref.pdf - Published Version

Download (409kB)
[thumbnail of SKRIPSI FAISS ok.pdf] Text
SKRIPSI FAISS ok.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh dari daya tarik wisata, citra destinasi, terhadap kepuasan pengunjung dan minat berkunjung ulang pada pengunjung obyek wisata pantai Logending. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner online. Penelitian ini mengambil sampel 100 responden pengunjung atau wisatawan yang telah melakukan kunjungan ke obyek wisata pantai Logending minimal dua kali kunjungan. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan statistika dengan bantuan SPSS 22 for windows. Dalam metode statistika, dilakukan uji validitas, reliabilitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, uji normalitas, analisis jalur, uji t, analisis korelasi dan koefisien determinasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa seluruh item setiap variabel dinyatakan valid dan reliabel. Kedua model struktural memenuhi kriteria uji asumsi klasik dengan tidak terdapat multikolinearitas, tidak terjadi heterokedastisitas, dan memenuhi asumsi normalitas. Berdasarkan hasil analisis dari uji t ini menunjukan bahwa daya tarik wisata dan citra destinasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung. Daya tarik wisataberpengaruh signifikan terhadapminat berkunjung ulang. Sedangkan citra destinasi tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung ulang. Kepuasan pengunjung berpengaruh positif dan signifikanterhadap minat berkunjung ulang. Nilai Adjusted R Square (koefisien determinasi) persamaan I sebesar 0,486 artinya variansi dari variabel intervening dapat dijelaskan oleh variabel independen sebesar 48,6% sehingga koefisien pengaruh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini sebesar 51,4%. Nilai Adjusted R Square (koefisien deteminasi) Persamaan II sebesar 0,558 artinya variansi dari variabel dependen dapat dijelaskan oleh variabel independen sebesar 55,8% sehingga koefisien pengaruh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini adalah sebesar 44,2%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 30 Aug 2021 01:25
Last Modified: 27 Dec 2023 05:22
URI: http://eprints.universitasputrabangsa.ac.id/id/eprint/60

Actions (login required)

View Item
View Item