Khoeronnisa, Elfitriasani (2019) Pengaruh Visual Merchandising, Bonus Pack, dan Price Discount Terhadap Impulse Buying Behavior Dengan Gender Sebagai Variabel Dummy (Studi pada Pelanggan Alfamart di Kecamatan Kebumen). Skripsi thesis, UNIVERSITAS PUTRA BANGSA.
![[thumbnail of Jurnal]](http://eprints.universitasputrabangsa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
155502048.pdf
Download (203kB)
![[thumbnail of Skripsi]](http://eprints.universitasputrabangsa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Elfitriasani Khoironnisa - PENGARUH VISUAL MERCHANDISING, BONUS PACK, DAN PRICE DISCOUNT TERHADAP IMPULSE BUYING BEHAVIOR~1.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh visual merchandising, bonus pack, dan price discount terhadap impulse buying behavior serta untuk mengetahui pengaruh gender yang menjelaskan bahwa perempuan lebih mempengaruhi impulse buying behavior dibandingkan laki laki pada pelanggan minimarket Alfamart di Kecamatan Kebumen. Responden dalam penelitian ini adalah konsumen minimarket Alfamart di Kecamatan Kebumen yang dalam kurun waktu satu bulan terakhir pernah melakukan impulse buying di Alfamart. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Data diperoleh dari jawaban responden pada kuesioner yang kemudian di analisis menggunakan teknik analisis deskriptif dan statistik yang meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi dummy, dan uji hipotesis. Analisis dilakukan menggunakan alat bantu program SPSS 24.0 for Windows. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa visual merchandising, bonus pack, dan price discount secara parsial berpengaruh signifikan terhadap impulse buying behavior. Hasil uji hipotesis juga menunjukkan bahwa gender berpengaruh signifikan terhadap impulse buying behavior yang artinya perempuan cenderung melakukan pembelian yang tidak terencana di Alfamart daripada laki-laki. Berdasarkan koefisien determinasi diperoleh nilai R2 sebesar 0,623 yang artinya sebesar 62,3% variabel impulse buying dapat dijelaskan oleh visual merchandising, bonus pack, price discount, dan gender. Sedangkan sisanya sebesar 37,7% variabel impulse buying dapat dijelaskan oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | S19.046 |
Uncontrolled Keywords: | Visual Merchandising, Bonus Pack, Price Discount, Gender, dan Impulse Buying Behavior. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management |
Depositing User: | Perpus Perpus |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 00:56 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 00:56 |
URI: | http://eprints.universitasputrabangsa.ac.id/id/eprint/4865 |