Pengaruh Sales Promotion, Visual Merchandising dan Store Atmosphere terhadap Impulse Buying dengan Positive Emotion sebagai Variabel Intervening (Studi pada Konsumen Rita Pasaraya Kebumen)

Nasrulloh, Ahmad (2019) Pengaruh Sales Promotion, Visual Merchandising dan Store Atmosphere terhadap Impulse Buying dengan Positive Emotion sebagai Variabel Intervening (Studi pada Konsumen Rita Pasaraya Kebumen). Skripsi thesis, UNIVERSITAS PUTRA BANGSA.

[thumbnail of Jurnal] Text (Jurnal)
155501997.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
skripsi 2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan zaman yang semakin modern membuat persaingan bisnis ritel di Indonesia semakin berkembang pesat. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh sales promotion, visual merchandising, dan store atmosphere terhadap impulse buying melalui positive emotion pada konsumen Rita Pasaraya Kabupaten Kebumen. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dengan menggunakan skala likert 4 pilihan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik accidental sampling. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan statistik meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis, analisis korelasi, dan analisis jalur (path analysis) dengan bantuan program SPSS 24.0 for windows. Hasil dari penelitian ini yaitu sales promotion, visual merchandising dan store atmosphere berpengaruh signifikan terhadap positive emotion, namun sales promotion, visual merchandising dan store atmosphere tidak berpengaruh signifikan terhadap impulse buying. Nilai Adjusted R2 (koefisien determinasi) substruktural 1 sebesar 0,579 artinya variansi dari variabel intervening dapat dijelaskan oleh variabel independen sebesar 57,9% sehingga koefisienion pengaruh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini sebesar 42,1%. Nilai Adjusted R2 (koefisien determinasi) substruktural 2 sebesar 0,231 artinya variansi dari variabel dependen dapat dijelaskan oleh variabel independen sebesar 23,1% sehingga koefisien pengaruh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini adalah sebesar 76,9%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: S19.024
Uncontrolled Keywords: Sales Promotion, Visual Merchandising, Store Atmosphere, Positive Emotion, dan Impulse Buying.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Perpus Perpus
Date Deposited: 10 Jul 2025 08:35
Last Modified: 10 Jul 2025 08:35
URI: http://eprints.universitasputrabangsa.ac.id/id/eprint/4843

Actions (login required)

View Item
View Item