Pengaruh Shariah Principle Adherence dan Religiusitas terhadap Customer Loyalty dan Trust sebagai Variabel Mediasi pada Nasabah Bank BRI Syariah di Kebumen

Hartari, Nadia Ulfa (2019) Pengaruh Shariah Principle Adherence dan Religiusitas terhadap Customer Loyalty dan Trust sebagai Variabel Mediasi pada Nasabah Bank BRI Syariah di Kebumen. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PUTRA BANGSA.

[thumbnail of Jurnal] Text (Jurnal)
155502117.pdf

Download (254kB)
[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
skripsi nadia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh shariah principles adherence dan religiusitas terhadap customer loyalty dan trust sebagai variabel mediasi pada nasabah Bank BRI Syariah Kebumen. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Metode pengumpulan data dengan kuesioner. Variabel yang digunakan pada penelitian ini adalah shariah principles adherence (X2), religiusitas (X2), trust (Y1) dan customer loyalty (Y2). Sikap responden diukur dengan skala likert empat dan data diolah dengan alat bantu SPSS for windows versi 22. Metode penelitian menggunakan analisis deskriptif dan statistik (path analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua variabel valid dan reliabel,tidak terdapat multikolonieritas, tidak terjadi heteroskedastisitas, dan model memenuhi asumsi normalitas. Hasil penelitian pada analisis jalur menunjukkanbahwa shariah principles adherence dan religiusitas terhadap trust memiliki nilai Adjusted R2 sebesar 0,158 atau 15,8%. Sedangkan shariah principles adherence, religiusitas dan trust terhadap customer loyalty memiliki nilai Adjusted R2 sebesar 0,334 atau 33,4%. Hasil uji parsial menunjukkan bahwa shariah principles adherence dan religiusitas berpengaruh signifikan terhadap trust. Selanjutnya, shariah principles adherence dan trus berpengaruh signifikan terhadap customer loyalty, sedangkan religiusitas tidak berpengaruh signifikan terhadap customer loyalty.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: S19.008
Uncontrolled Keywords: shariah principles adherence, religiusitas, trust, customer loyalty.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Perpus Perpus
Date Deposited: 10 Jul 2025 08:27
Last Modified: 10 Jul 2025 08:27
URI: http://eprints.universitasputrabangsa.ac.id/id/eprint/4817

Actions (login required)

View Item
View Item