Findriyani, Findriyani (2021) Pengaruh Self Efficacy dan Fleksibilitas Kerja Terhadap Kinerja Karyawan dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Karyawan PT Sung Shim Internasional Cabang Sempor). Skripsi thesis, Universitas Putra Bangsa.
![[thumbnail of Skripsi]](http://eprints.universitasputrabangsa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
skripsi findriyani.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
![[thumbnail of Jurnal]](http://eprints.universitasputrabangsa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Findriyani_175502895_Jurnal.pdf
Download (865kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi kewirausahaan, orientasi pasar dan inovasi produk terhadap keunggulan bersaing dan kinerja pemasaran pada UMKM Batik di Desa Gemeksekti, Kecamatan Kebumen. Populasi dari penelitian ini yaitu pengusaha batik di Desa Gemeksekti, Kecamatan Kebumen yang berjumlah 115 orang dan sampel yang digunakan adalah 90 orang, metode yang digunakan adalah probability sampling. Hipotesis diuji menggunakan analisis jalur dan diolah dengan menggunakan SPSS 23. Hasil penelitian ini pada persamaan I menunjukan bahwa orientasi kewirausahaan, orientasi pasar dan inovasi produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing. Hasil penelitian pada persamaan II menunjukan bahwa orientasi pasar secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran, sedangkan orientasi kewirausahaan dan inovasi produk secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran. Keunggulan bersaing secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran. Besarnya pengaruh orientasi kewirausahaan, orientasi pasar dan inovasi produk terhadap keunggulan bersaing pada persamaan I sebesar 85,2% dan besarnya pengaruh orientasi kewirausahaan, orientasi pasar, inovasi produk dan keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran pada persamaan II sebesar 81,3%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | S21.070 |
Uncontrolled Keywords: | Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, Inovasi Produk, Keunggulan Bersaing, Kinerja Pemasaran, analisis uji jalur |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management |
Depositing User: | Perpus Perpus |
Date Deposited: | 04 Jul 2025 06:42 |
Last Modified: | 04 Jul 2025 06:42 |
URI: | http://eprints.universitasputrabangsa.ac.id/id/eprint/4687 |