PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING (CRM) DAN KUALITAS PELAYANAN PELANGGAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DAN DAMPAKNYA PADA LOYALITAS PELANGGAN PT PING LOKA DISTRINIAGA PURWOREJO

Sugiarto, Sigit (2020) PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING (CRM) DAN KUALITAS PELAYANAN PELANGGAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DAN DAMPAKNYA PADA LOYALITAS PELANGGAN PT PING LOKA DISTRINIAGA PURWOREJO. Other thesis, Universitas Putra Bangsa.

[thumbnail of JURNAL SIGIT.pdf] Text
JURNAL SIGIT.pdf - Published Version

Download (427kB)
[thumbnail of SKRIPSI SIGIT.pdf] Text
SKRIPSI SIGIT.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh customer relationship marketing (CRM) dan kualitas pelayanan pelanggan terhadap kepuasan pelanggan dan dampaknya pada loyalitas pelanggan PT Ping Loka Distriniaga Purworejo. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang membeli produk di PT Ping Loka Distriniaga Purworejo. Sampel penelitian sebanyak 100 responden dengan metode non probability sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Analisis data menggunakan analisis jalur dengan program SPSS 24. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa customer relationship marketing (CRM) tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan. Sementara kualitas pelayanan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan, sedangkan kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Uji sobel menunjukan bahwa kepuasan pelanggan tidak dapat memediasi customer relationship marketing dengan loyalitas pelanggan dan kepuasan dapat memediasi kualitas pelayanan pelanggan dengan loyalitas pelanggan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: User User
Date Deposited: 12 Oct 2021 06:53
Last Modified: 16 Mar 2024 03:34
URI: http://eprints.universitasputrabangsa.ac.id/id/eprint/459

Actions (login required)

View Item
View Item