Pengaruh Shopping Lifestyle, Fashion Involvement, Positive Emotion, dan Money Available terhadap Impulse Buying Behavior (Studi Pada Konsumen Fashion Store Rita Pasaraya Kebumen)

Haiditiya, Dian (2023) Pengaruh Shopping Lifestyle, Fashion Involvement, Positive Emotion, dan Money Available terhadap Impulse Buying Behavior (Studi Pada Konsumen Fashion Store Rita Pasaraya Kebumen). Skripsi thesis, UNIVERSITAS PUTRA BANGSA.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
SKRIPSI-Dian Haiditiya-195503845-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Jurnal] Text (Jurnal)
ARTIKEL-Dian Haiditiya-195503845-Skripsi-2023.pdf

Download (486kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh shopping lifestyle, fashion involvement, positive emotion, dan money available terhadap impulse buying behavior pada konsumen fashion store Rita Pasaraya Kebumen. Populasi pada penelitian ini yaitu konsumen fashion store Rita Pasaraya Kebumen. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu shopping lifestyle, fashion involvement, positive emotion, dan money available sedangkan variabel terikatnya yaitu impulse buying behavior. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner menggunakan purposive sampling, sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu 110 orang responden. Hipotesis diuji dengan bantuan SPSS 26 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa shopping lifestyle berpengaruh negatif signifikan secara parsial terhadap impulse buying behavior. Fashion involvement berpengaruh positif signifikan secara parsial terhadap impulse buying behavior. Positive emotion berpengaruh positif signifikan secara parsial terhadap impulse buying behavior. Money available berpengaruh positif signifikan secara parsial terhadap impulse buying behavior. Hasil penelitian ini menunjukkan shopping lifestyle, fashion involvement, positive emotion, dan money available secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying behavior pada konsumen fashion store Rita Pasaraya Kebumen. Hasil pengujian ini menunjukkan bahwa nilai Adjusted R Square sebesar 0,274 artinya sebesar 27% variabel impulse buying behavior dapat dijelaskan oleh variabel shopping lifestyle, fashion involvement, positive emotion, dan money available, sedangkan 73% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak ada dalam model penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: S23.066
Uncontrolled Keywords: Shopping lifestyle, fashion involvement, positive emotion, money available, dan impulse buying behavior.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Perpus Perpus
Date Deposited: 23 Jun 2025 08:09
Last Modified: 23 Jun 2025 08:09
URI: http://eprints.universitasputrabangsa.ac.id/id/eprint/4504

Actions (login required)

View Item
View Item