Yuniarti, Diana (2020) PENGARUH LEVERAGE, PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP UNDERPRICING PADA SAAT INITIAL PUBLIC OFFERING (Studi Kasus Pada Perusahaan Go Public Tahun 2015-2018). Other thesis, Universitas Putra Bangsa.
Diana Yuniarti_Pengaruh Leverage, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Underpricing pada Saat Initial Public Offering.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh leverage, profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap tingkat underpricing saat Initial Public Offering (IPO) pada perusahan go public pada tahun 2015-2018. Pada penelitian ini underpricing diukur dengan menggunakan initial return (IR) perusahaan yaitu harga tutup dikurangi harga IPO dibagi dengan harga IPO. Sampel pada penelitian ini terdiri dari perusahaan yang melakukan go public periode 2016-2018 yang berjumlah 88 perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode nonprobability sampling, yaitu teknik purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan aplikasi SPSS 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa leverage tidak berpengaruh terhadap tingkat underpricing, profitablitas berpengaruh terhadap tingkat underpricing dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap tingkat underpricing.
Kata Kunci : Leverage, profitabilitas, ukuran perusahaan dan tingkat underpricing.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management |
Depositing User: | User User |
Date Deposited: | 07 Oct 2021 03:00 |
Last Modified: | 16 Mar 2024 05:34 |
URI: | http://eprints.universitasputrabangsa.ac.id/id/eprint/322 |