PENGARUH IKLAN, FLASH SALE DAN TAGLINE “GRATIS ONGKIR” SHOPEE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN IMPULSIF SECARA ONLINE

Sumantoro, Faman (2022) PENGARUH IKLAN, FLASH SALE DAN TAGLINE “GRATIS ONGKIR” SHOPEE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN IMPULSIF SECARA ONLINE. Skripsi thesis, Universitas Putra Bangsa.

[thumbnail of Jurnal Faman Sumantoro-1.pdf] Text
Jurnal Faman Sumantoro-1.pdf - Published Version

Download (529kB)
[thumbnail of FAMAN SUMANTORO -185503596-4.pdf] Text
FAMAN SUMANTORO -185503596-4.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan, flashsale dan tagline terhadap keputusan pembelian impulsif. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Universitas Putra Bangsa, pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner pada 100 responden yang pernah membeli dan menggunakan shopee di kalangan mahasiswa Universitas Putra Bangsa. Teknik pengumpulan data dengan cara menyebar kuesioner. Analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linear berganda dan koefisien determinasi. Teknik analisa yang digunakan menggunakan bantuan program analisis SPSS Versi 26 for Windows. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa iklan (X1) dan tagline (X2) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian impulsif. Sementara itu, variabel flash sale (X2) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian impulsif namun, variabel iklan, flash sale dan tagline secara serempak (simultan) memengaruhi keputusan pembelian impulsif (Y). Uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang cukup erat antara iklan, flash sale dan tagline terhadap keputusan pembelian impulsif dengan nilai R sebesar 0,631. Melalui nilai adjusted R square juga diketahui bahwa variabel iklan, flash sale dan tagline berkontribusi sebesar 37,9% terhadap variabel keputusan pembelian impulsif sedangkan sisanya sebesar 63,1% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Kata Kunci: iklan, flashsale, tagline dan pembelian impulsif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: User User
Date Deposited: 04 Oct 2023 01:31
Last Modified: 01 Mar 2024 06:17
URI: http://eprints.universitasputrabangsa.ac.id/id/eprint/1182

Actions (login required)

View Item
View Item